Keluarga Besar SMAN 1 Mbeliling Menginisiasi Bakti Sosial di Masjid Alhuda Muntung

Labuan Bajo, Pijarflores.com – Keluarga besar SMAN 1 Mbeliling diinisiasi para pendidik berbakti sosial menata masjid Al Huda Muntung di kecamatan Mbeliling Mabar selama dua hari. Jumat, 16/6/2023.

Kegiatan tersebut sebagai implementasi proyek penguatan profil pelajar Pancasila dalam kurikulum Merdeka.

Martinus Olarain, salah seorang pendidik menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan bentuk pendidikan karakter peserta didik dalam mengamalkan Pancasila.

“Di kelas kita telah mengajak peserta didik untuk menyadari identitas kePancasilaan, di lingkungan sosial harus diimplementasikan dalam tindak nyata,” ujar Martin

Paga Santosa, dalam kapasitas sebagai pendidik sekaligus tokoh muda Muslim di masjid Al Huda Muntung mengatakan bahwa kegiatan ini patut diapresiasi dan terus digalakkan dalam dunia pendidikan.

“Kegiatan ini wajib kita jalankan agar Marwah kebinekaan terus dirawat anak bangsa,” kata Paga Santosa.

Tokoh muda lainnya, Sumardin Harjo, menyambut aksi sosial ini dengan antusias.

“kerja bakti kolaboratif para pendidik, peserta didik, dan masyarakat menata mesjid Al Huda adalah bukti bahwa kita memasyarakatkan dunia pendidikan kita,” tegas Harjo.

“Di kelas kita berbicara dan mengajak peserta didik memelihara kebhinekaan, di lingkungan masyarakat kita harus membawa nyawa semangat tersebut,” lanjut Harjo.

Mikael Hamsi, salah seorang pendidik di SMAN 1 Mbeliling yang terlibat aktif dalam kegiatan ini bertutur dengan perspektif lain. Dirinya menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut untuk menepis stigma yang cendrung negatif, sekolah hanya materi ceramah di Kelas.

“Ini aksi nyata akan apa yang telah kita buat dalam kelas,” tandas Mike.

SMAN 1 Mbeliling Mabar terus berkolaborasi dengan seluruh elemen masyarakat untuk memajukan dunia pendidikan.

Salah satu aksi yang telah dilakukan adalah ikut berbakti kepada keBhinekaan melalui kegiatan bakti sosial di Masjid Al Huda Muntung Kecamatan Mbeliling Mabar.

Penulis: Siprianus Ampur
Editor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!