Pelatihan Sertifikasi Pelaksana Lapangan Pekerjaan Drainase Perkotaan Resmi Dibuka Bupati Hery Nabit

Ruteng, Pijarflores.com – Balai Jasa Konstruksi Wilayah (BJKW) IV Surabaya, bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Manggarai, melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), mengadakan pelatihan dan uji sertifikasi pelaksana lapangan pekerjaan drainase perkotaan jenjang 4.

Kegiatan yang dibuka oleh Bupati Manggarai, Herybertus Nabit, dan didampingi Sekda Manggarai, Fansi Jahang, serta perwakilan BJKW IV Surabaya, melalui Kasubag Umum dan Tata Usaha BJKW IV Surabaya, Esthy Dwinda, dan diselenggarakan di Hotel Revayah Ruteng. 24/7/2023.

Turut hadir dalam kegiatan pelatihan tersebut Pimpinan OPD kabupaten Manggarai dan 50 orang peserta pelatihan asal kabupaten Manggarai.

Menurut Bupati Hery Nabit, kegiatan pelatihan yang diselenggarakan oleh Dinas PUPR Kabupaten Manggarai yang bekerjasama dengan BJKW IV Surabaya, guna meningkatkan kompetensi petugas lapangan khususnya pekerjaan drainase perkotaan.

“Pelatihan ini untuk petugas lapangan pekerjaan drainase perkotaan yang kemudian akan di sertifikasi,” jelas Bupati Hery Nabit.

Selain itu jelas Bupati Hery Nabit, pelatihan uji kompetensi tersebut sangat penting dilaksanakan karena setiap tahun peraturan itu semakin ketat.

“Terimakasih kepada Kementerian PUPR melalui balai jasa konstruksi wilayah IV Surabaya karena telah melaksanakan serta membiayai kegiatan ini,” ucap Bupati Hery Nabit.

Sertifikasi tenaga kerja konstruksi, sebut Bupati Hery Nabit, sangat diperlukan untuk mendukung pembangunan infrastruktur di bidang drainase perkotaan selain itu meningkatkan kualitas pekerjaan konstruksi agar lebih terjamin kualitasnya.

Bupati Hery Nabit juga menambahkan, sertifikasi ini merupakan bentuk pengakuan keterampilan dan sebagai modal masuk bursa lapangan kerja pada sektor konstruksi. Seseorang akan dianggap siap untuk memasuki kompetesi kerja yaitu dengan memiliki Sertifikasi Kompetensi.

“Kegiatan ini menyediakan ruang untuk anak-anak Manggarai, sehingga kompetensi mereka semakin meningkat serta memiliki sertifikasi kompetensi,” ucapnya.

Selain itu sebutnya bahwa pelatihan ini juga memberikan pengakuan terhadap keterampilan para peserta dan menjadi modal mereka untuk memasuki bursa lapangan kerja di sektor konstruksi.

“Setelah mengikuti pelatihan ini, peserta dianggap siap untuk menghadapi kompetisi kerja,” tutupnya.

Sementara Kasubag Umum dan Tata Usaha BJKW IV Surabaya, Esthy Dwinda, menyebutkan pihaknya telah memfasilitasi Pemda Manggarai melalui dinas PUPR untuk mengikuti pelatihan uji sertifikasi sebanyak 50 orang peserta.

“Kita sudah memfasilitasi 50 orang peserta untuk ikut pelatihan dan uji sertifikasi dari Pemda Manggarai,” sebut Esthy.

Pelatihan ini jelas Esthy, sesuai dengan amanat UU nomor 2 tahun 2017 tentang jasa konstruksi terkait kepemilikan sertifikat.

Melalui pelatihan ini sebutnya, peserta akan mengetahui drainase secara teknisnya bagaimana.

“Apabila membangun jalan tentu ada drainasenya. Musuh dari jalan itu air makanya sistem drainasenya harus bagus,” tutup Esthy.

Penulis: Riky Huwa
Editor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!