PDGI Cabang Flores, DLH dari Malaysia, dan Aplikasi Skrining Dental Senyumin, Mengadakan Baksos Kesehatan Gigi dan Mulut di Kabupaten Manggarai

Pengurus PDGI Cabang Flores dan DLH di Wae Rebo. Foto: Humas PDGI (Ist).

Ruteng, Pijarflores.com – Dental Learning Horizon (DLH), melakukan kegiatan bakti sosial untuk kesehatan gigi dan mulut, di wilayah kerja Puskesmas Narang dan Puskesmas Pembantu Wae Rebo, Kecamatan Satar Mese Barat, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur, dalam rangka mendukung kegiatan bakti sosial (Baksos) pelayanan kesehatan gigi tahunan ‘The Extra Smiles’.

Kegiatan diselenggarakan mulai tanggal 20-23 Juli 2023. Kegiatan ini juga secara resmi dibuka oleh Kepala Dinas drg. Tomi Hermopan, Kepala Puskesmas Narang Hubertus Hantip, Plt. Camat Satar Mese Barat Ardianus Jehanu, Ketua PDGI Cabang Flores drg. Calasansius Raga, Kepala Desa Cambir Leca Yosef Durhaman, dan Kepala Desa Hilihintir Adri Sehanu.

Dokter Safwan Majid sebagai kordinator Dental Learning Horizon menjelaskan, bahwa organisasi mereka merupakan relawan medis yang tergabung di Malaysia. DLH sendiri pada tanggal 18 Juni 2023, menyurati Bupati Manggarai, melalui Dinas Kesehatan Kabupaten Manggarai untuk bekerjasama dalam penanganan gigi untuk masyarakat yang membutuhkannya, di Kecamatan Satar Mese Barat.

“Maka kami, relawan medis dari Malaysia, dengan rendah hati mengajukan permohonan kolaborasi kepada Kepala Bupati Manggarai, Dinas Kesehatan Manggarai, dan Kepala Puskesmas Narang untuk mengadakan acara bakti sosial dalam bidang kesehatan gigi dan mulut bagi warga Narang, Waerebo, Nusa Tenggara Timur,” ujar dokter Safwan, dalam kutipan pernyataan di surat resmi mereka ke Pemda Manggarai, pada18/6/2023.

Pihaknya juga berkolaborasi dengan penggunaan aplikasi skrining dental SENYUMIN (senyum sehat anak indonesia) yang dikembangkan oleh Puskesmas Kebayoran Baru Indonesia dan hadir sebagai delegasi Senyumin Puskesmas Kebayoran Baru Jakarta Selatan adalah drg. Dhinintya Hyta Narissi Latief

“Melalui aplikasi skrining dental Senyumin, kami dapat melakukan skrining awal yang efektif, memantau kondisi pasien, serta memberikan tindak lanjut yang tepat dalam rangka meningkatkan kesehatan gigi dan mulut masyarakat Narang,” lanjut dr. Safwan.

Acara bakti sosial ini dilaksanakan di 2 titik lokasi, yaitu, Puskesmas Narang dan Puskesmas PembantuWaerebo, Manggarai, Nusa Tenggara Timur pada tanggal 20-23 Juli 2023 dengan sasaran 500 peserta.

“Kegiatan ini memiliki tujuan luhur untuk meningkatkan akses dan pelayanan kesehatan gigi dan mulut kepadamasyarakat yang membutuhkan,” ungkap dr. Safwan.

Kegiatan Baksos untuk kesehatan gigi ini juga berkolaborasi dg PDGI Cabang Flores yg di ketuai oleh drg. Calasansius Raga, dan sukarelawan dari PDGI Flores berjumlah 15 orang.

“Kegiatan Baksos ini sukses juga berkat kerjasama dengan PDGI Cabang Flores, mereka semua luar biasa,” kata dr. Safwan.

Ada pun jumlah pasien yang terlayani dalam kegiatan Bakti sosial di Narang 326 orang pasien, dengan jenis tindakan pencabutan gigi dan penambalan gigi, serta 2 pasien sunatan.

Sebagai salah satu dokter gigi dari Dinas Kesehatan Manggarai, drg. Irma Baung yang hadir bersama doktwr dari PDGI Cabang Flores, dan juga menjabat sebagai Kepala Puskesmas Kota, Kecamatan Langke Rembong mengatakan, bahwa kegiatan Baksos untuk kesehatan gigi dan mulut, sangat baik karena semua pelayanan langsung ke masyarakat.

Dokter Irma menyampaikan, bahwa kehadiran DLH membuat masyarakat di Puskesmas Narang dan Puskesmas Pembantu Wae Rebo senang, mengingat selama ini akses dan sarana prasarana utk pelayanan kesehatan gigi dan mulut di ke dua daerah ini belum maksimal (27/7/2023).

drg. Irma dan Pengurus PDGI Serta DLH Saat Menangani Pasien di Wae Rebo. Foto: Humas PDGI (Ist).

“Masyarakat di Narang dan Wae Rebo yang mendapatkan pelayanan dari kami sangat senang, mereka bangga karena kinerja dari semua dokter gigi yang hadir sangat optimal,” jelas drg. Irma.

Kapus kota Langke Rembong, berharap ke depan kegiatan ini bisa berjalan terus, dan dari PDGI Flores sendiri bisa berkunjung ke tempat lain di Kabupaten Manggarai.

Kapus Narang Hubertus Hantip juga menyampaikan apresiasinya, dengan kehadiran DLH itu ke wilayahnya.

“Saya sebagai kepala Puskesmas Narang, sangat mengapresiasi kegiatan Baksos Pelayanan kesehatan gigi ” The Extra Smiles” dari persatuan Dokter Gigi Malaysia kolaborasi dengan Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) Cabang Flores. Semua masyarakat di wilayah kerja saya mendapatkan pelayanan yang baik untuk kesehatan gigi mereka ,” ujar Kapus Hubertus.

Sebelum melakukan kegiatan ini pihak Puskesmas Narang melakukan rapat persiapan bersama dengan Bapak Kepala Dinas Kesehatan, Camat Satar Mese Barat, kepala Desa Hilihintir dan Cambir leca.

Selain itu pihak Puskesmas dalam hal ini dokter gigi dan perawat gigi melakukan skrining awal untuk mengidentifikasi masalah kesehatan gigi dengan tujuan menetapkan pasien siapa yang akan mendapatkan pencabutan dan penambalan gigi.

Kapus Narang juga mengucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada bupati Manggarai Hery Nabit, melalui Kadis Kesehatan Kabupaten Manggarai.

“Oleh karena itu selayaknya saya menyampaikan Terima kasih yang sebesar-besarnya kepada bapak Bupati Manggarai melalui bapak kepala Dinas Kesehatan kabupaten Manggarai telah mengizinkan untuk melakukan Baksos ini di Puskesmas Narang,” kata Kapus Narang.

“Terimakasih juga yg setinggi-tingginya kepada para Dokter Gigi Malaysia dan PDGI Cabang Flores yg telah merelakan waktu, tenaga dan dukungan Finansial untuk melayani masyarakat di wilayah kerja Puskesmas Narang. Tak lupa pula saya menyampaikan terimakasih kepada Bapak Camat Satar Mese Barat, bapak Kepala Desa Hilihintir dan Cambir Leca serta seluruh masyarakat yang sudah mendapatkan pelayanan,” tutur Kapus Narang.

Plt. Camat Satar Mese Barat Ardianus Jehanu juga menyampaikan hal senada, sebagai kepala wilayah setempat dirinya sangat senang dengan kehadiran DLH dan PDGI di Puskesmas Narang, serta kegiatannya begitu lancar dan sangat padat.

Kadis Kesehatan Kabupaten Manggarai, Plt Camat Satar Mese Barat, Kapus Narang, dan Kepala Desa Hilihintir, Cambir Leca, Saat Menererima Rombongan PDGI dan DLH. Foto: Humas PDGI (Ist).

“Saat tiba di kantor Puskesmas Narang, mereka diterima secara adat yaitu tuak curu dan manuk kapu setelah itu malamnya dilangsungkan acara pembukaan sekaligus perkenalkan diri mereka masing-masing dan selanjutnya setelah makan malam arahkan mereka ke rumah warga yang sudah di siapkan dalam beberapa hari selama mereka menginap di hilihintir dan Cambir Leca,” tutur Plt. Camat Satar Mese Barat.

Di hari berikutnya, semua dokter gigi yang hadir melakukan aktivitas pelayanan kesehatan gigi dengan masyarakat sekitar yg sudah screening.

“Jumlah pasien kurang lebih 300 orang, masyarakat tentunya antusias dan sangat mengapresiasi serta berterima kasih dalam pelayanannya, karna banyak masyarakat yang mengeluh sakit gigi dengan kondisi cuaca yang dingin sekali pada saat itu di Narang,” jelas Plt. Camat Satar Mese Barat.

Pada saat hari ke tiga menurut Plt Camat Ardianus, Rombongan dari DLH dan PDGI cabang Flores, bergegas menuju Wae Rebo,dan bermalam di kampung Wae Rebo, dan setelah kegiatan selesai, masing-masing tim bertolak menuju Labuan Bajo dan Ruteng.

Penulis: Riky Huwa

Editor: Redaksi

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!