PT. PLN Gandeng SMK Aloysius Ruteng, Dukung Konversi Kendaraan Listrik di Kabupaten Manggarai

Bupati Hery Nabit Bersama Perwakilan PT. PLN Memantau Langsung Seluruh Kegiatan di SMK St. Aloysius Ruteng. Foto: Ist.

Ruteng, Pijarflores.com – Bupati Manggarai Herybertus Nabit, bersama perwakilan PT. PLN UIP Nusra Panca Budi Setiawan melakukan kunjungan ke SMK Swasta St. Aloysius Ruteng, Selasa (24/10/2023).

Kunjungan tersebut dalam rangka kerjasama pengembangan energi baru terbarukan (EBT) salah satunya konversi kendaraan berbasis BBM menjadi listrik serta mewujudkan bengkel konversi Motor listrik terakreditas di SMK Swasta St. Aloysius Ruteng.

Kepada wartawan, bupati Hery Nabit, menjelaskan pihaknya hadir bersama PLN untuk tinjau secara langsung kondisi fasilitas yang ada di sekolah tersebut.

“Pemerintah daerah (red,Bupati Hery) hanya menjembatani antara pihak PLN dengan SMK St. Aloysius Ruteng. Kehadiran perwakilan PT. PLN UIP Nusra juga untuk tinjau secara langsung kondisi fasilitas sekolah,” ujar Bupati Hery Nabit.

Respon baik pihak sekolah, kata Bupati Hery Nabit, sebagai langkah awal untuk membangun sebuah kerjasama antara PLN dan pihak SMK St. Aloysius Ruteng kedepannya.

Melalui kerjasama, lanjut Bupati Hery Nabit, dapat mengembangkan keterampilan serta potensi untuk memenuhi kebutuhan industri.
Sementara Assistant Manager Komunikasi dan TJSL, PT. PLN UIP Nusra Panca Budi Setiawan, mengatakan kunjungannya ke SMK St. Aloysius Ruteng, merintis kerja sama melalui program PLN Peduli sebagai tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB) pendidikan untuk mewujudkan bengkel konversi Motor listrik terakreditas.

Dijelaskan Panca, melalui konversi kendaraan bermotor berbahan bakar minyak (BBM) ke listrik merupakan salah satu upaya mendorong tercapainya net zero emission (NZE) tahun 2060.
Selain itu sebutnya untuk mendukung Manggarai sebagai pusat penghasil dan pengembangan energi hijau atau EBTpembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Ulumbu unit 1-4 dan pengembangan 5-6 Poco Leok.

“Program bengkel konversi Motor listrik juga mendukung dan mendorong sesuai slogan SMK, SMK Bisa SMK Maju,” sebut Panca.

Untuk tahap awal sambungnya, PLN menggelar pelatihan tenaga konversi terampil yang akan melibatkan unsur Pendidikan, alumni SMK (pemilik bengkel konvensional), dan beberapa perwakilan siswa.

Kepala SMK Swasta St. Aloysius Ruteng, BR. Dion CSA, mengapresiasi niat baik PT. PLN dalam menyiapkan para guru dengan mengembangkan kompentesi sesuai dengan disiplin ilmunya.

Konversi kendaraan bermotor berbahan bakar minyak (BBM) ke listrik jelas Bruder Dion menjadi kebutuhan saat ini demi mendukung upaya pemerintah pusat untuk tercapainya NZE tahun 2060.

“SMK St. Aloysius Ruteng harus selalu update dengan kebutuhan-kebutuhan yang ada ditengah masyarakat,” jelas Bruder Dion.

Kerjasama yang dibangun PLN saat ini, jelas Bruder Dion sebuah anugerah bagi lembaga yang dipimpinnya dan pihaknya sangat mendukung penuh.

“Kerjasama ini sangat saya dukung demi pengembangan siswa dan kompetensi guru yang ada di SMK St. Aloysius Ruteng,” sebutnya.
Kedepannya kata Bruder Dion, pihaknya akan membangun kerjasama yang baik dengan PT. PLN “sehingga apa yang menjadi harapan kami serta harapan pihak PLN dapat terwujud. Dan yang pasti sangat membantu lembaga Pendidikan St. Aloysius kedepannya”.

Editor: Tim PF

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!