Resmikan Listrik 5 Desa di Kecamatan Cibal Barat, Bupati Hery: Selain di Sekolah, Anak-anak Juga Bisa Belajar di Rumah 

Antusias Masyarakat di Kecamatan Cibal Barat Menyambut Peresmian Listrik Oleh Bupati Manggarai Hery Nabit. Foto: RH.

Ruteng, Pijarflores.com – Bupati Manggarai Herybertus G. L. Nabit, resmikan listrik di 5 desa yang tersebar di kecamatan Cibal Barat, kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara (NTT).

Pantuan media ini kegiatan peresmian listrik dihadiri perwakilan masyarakat dari 5 desa yaitu desa Bere, Desa Wae Codi, Desa Latung, desa Wae Renca, dan desa Golo Lanak, kecamatan Cibal Barat. Jumat (10/11/2023).

Bupati Hery Nabit bersama rombongan tiba di desa Golo Lanak pada pukul 17.00 Wita pada hari Kamis (9/11/2023) dan disambut hangat oleh masyarakat desa Golo Lanak dan perwakilan masyarakat dari 4 desa lainnya.

Dalam sambutannya Bupati Hery mengatakan bahwa warga di 5 desa yang sudah teraliri listrik sangat antusias. Dirinya juga mengucapkan terimakasih kepada PT PLN yang sudah bisa memperhatikan kebutuhan listrik bagi tiap desa di kabupaten Manggarai.

“Hari ini semua masyarakat dari 5 desa sangat berbahagia, saya sebagai bupati Manggarai menyampaikan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada PT PLN,” tutur Bupati Hery.

Bupati Hery mengapresiasi langkah yang sudah ditempuh PT PLN dalam upaya menerangi listrik ke tiap dusun dan kampung di seluruh Nusantara.

“Saya sangat mengapresiasi langkah PLN untuk berkiprah lebih banyak menerangi tiap sudut Nusantara, khususnya juga kabupaten Manggarai,” lanjut Kader PDIP kabupaten Manggarai itu.

Bupati Hery juga menyampaikan bahwa di kabupaten Manggarai secara menyeluruh untuk desa dan kelurahan sudah ada listrik. Hanya ada beberapa kampung dan dusun saja yang belum masuk listrik.

“Untuk desa dan kelurahan sudah selesai, tetapi kalau sebut dusun dan kampung masih ada beberapa kampung yang memang belum teraliri listrik. Diminta agar semua masyarakat bisa dengan bijak menunggu,” lanjut Bupati Hery.

Dijelaskan Bupati Hery, bahwa di kabupaten Manggarai sumber energi listrik belum bisa memenuhi kebutuhan listrik masyarakat seluruhnya. Oleh karena itu, Bupati meminta kepada seluruh masyarakat di Cibal Barat agar pengembangan PLTP Ulumbu di Poco Leok bisa berjalan lancar.

“Agar pembangunan Geotermal di Poco Leok bisa berjalan lancar sehingga seluruh masyarakat Manggarai bisa mendapatkan sumber listrik yang memadai,” tegas Hery.

Tak lupa Bupati Hery mengatakan pentingnya penerangan listrik untuk membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya tiap hari. Yang sangat penting juga menurut Hery, saat sekarang kebutuhan belajar anak-anak sekolah semuanya menggunakan alat elektronik yang membutuhkan sumber energi listrik.

“Listrik sangat membantu anak-anak belajar di sekolah dan di rumah, sehingga wajib juga orang tua untuk membimbing anak-anaknya belajar di malam hari,” tegas Hery.

Hery juga mengingatkan masyarakat agar bisa menghemat pemakain listrik dan memakai petugas-petugas yang berkompeten untuk memasang instalasi listrik, sehingga dalam pemakaiannya tidak terjadi korsleting.

“Oleh karena itu ini merupakan hadiah yang luar biasa kepada semua masyarakat Cibal Barat khususnya di 5 desa yang pada hari ini sudah menikmati listrik dari PLN. Mari gunakan listrik dengan baik agar dalam pemakaiannya kita tidak menemukan kendala,” tutup Hery.

Perwakilan dari masyarakat 5 desa yaitu kepala desa Golo Lanak Sebastianus Mbai, menyampaikan terimakasih untuk pemerintah yang sudah menjawab kebutuhan masyarakat di Cibal Barat.

“Kami berterimakasih kepada pemerintah pusat, pemerintah provinsi, pemerintah kabupaten, dan juga dari pemerintah kecamatan Cibal Barat, yang sudah bisa memperhatikan penerangan di desa kami,” ungkap kades Sebastianus.

Kebutuhan listrik yang memadai menurut kades Sebastianus bisa membawa semangat hidup baru untuk semua warganya oleh karena itu dibutuhkan arus listrik yang baik bisa hadir di desa kami.

“Baru tersentuhnya listrik ke desa Golo Lanak dan sekitarnya diharapkan agar arus listrik bisa stabil masuk ke desa kami, kami semua di sini ingin hidup 1000 tahun lagi,” kata kades Sebastianus sambil menutup sambutannya.

Umar Farouk, A.S, Senior Manager (SM) Pembangkitan PLN UIW NTT dalam sambutannya mengapresiasi pencapaian yang ada karena di 5 desa yang teraliri listrik saat ini wilayah jaringannya sangat luas.

“Pencapaian yang luar biasa yang ada di 5 desa yang ada di kecamatan Cibal Barat, dengan jarak yang sama dari kota Ruteng sampai ke Kecamatan Lembor (Manggarai Barat),” ungkapnya.

SM Umar Farouk berharap, dengan adanya aliran listrik di 5 desa di kecamatan Cibal Barat dapat membantu pemenuhan kebutuhan hidup masyarakat setempat.

“Agar bisa dimanfaatkan oleh seluruh masyarakat di 5 desa di kecamatan Cibal Barat, sehingga bisa meningkatkan ekonomi bagi masyarakat dengan usaha-usaha kecil yang membutuhkan listrik. Yang lainnya juga bisa membantu masyarakat agar bisa menggunakan litrik untuk kepentingan belajar anak-anak dan kebutuhan akses internet.

SM Farouk juga menyampaikan bahwa PLN sendiri belum mampu mengaliri listrik do seluruh kampung yang ada di kabupaten Manggarai. Tetapi PLN tetap berupaya agar semua kampung di kabupaten Manggarai ke depannya bisa ada listrik.

“Tugas kami belum selesai di wilayah kabupaten Manggarai, dukungan dari pemerintah daerah dan masyarakat akan mampu memberi jalan agar semua dusun yang ada bisa terariliri listrik,” tutup SM Umar Farouk.

Hadir juga Ketua DPRD kabupaten Manggarai Matias Masir, dalam sambutannya menjelaskan kehadiran PLN menjawab kebutuhan listrik masyarakat. Matias juga menyentil soal kebutuhan air minum dan juga akses jalan yang rusak menuju desa Golo Lanak dan desa-desa lainnya.

“Kehadiran PLN membawa kesejahteraan untuk masyakat. Tetapi selain listrik masyarakat juga membutuhkan air minum bersih dan akses jalan yang baik. Saya berharap ke depannya semua kebutuhan itu bisa pelan-pelan terpenuhi,” ungkap Matias.

Sementara Skolatika Anim (56), warga di desa Golo Lanak dengan gembira melihat kontak listrik dihidupkan oleh bupati Manggarai Hery Nabit di rumah gendang di desa Golo Lanak. Skolastika menyampaikan terimakasih kepada PLN dan pemerintah yang sudah menjawab keluhan penerangan listrik di kampungnya.

Mama Skolastika saat Menghidupkan Listrik di Rumah Gendang Golo Lanak. Foto: RH.

“Kami sebagai warga desa Golo Lanak merasa senang dan gembira sekali. Dengan adanya arus listrik anak-anak kami bisa belajar. Ekonomi kami juga bisa berkembang. Dan kami berharap agar arus yang ada tetap aman ke depannya,” tutup Skolastika.

Kegiatan peresmian listrik di kecamatan Cibal Barat juga dihadiri oleh para kepala dinas, kabag, dan juga camat Cibal Barat.

Penulis: Riky Huwa

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!