FPIC di Poco Leok; PLN Sebut Geothermal Diambil Hanya Uap Panas yang Dihasilkan Bumi

Foto: Sandro Ginting yang Mewakili PLN saat Sosialisasi FPIC di Desa Mocok, Kampung Pongutung.

Ruteng, Pijarflores.com – PT PLN UIP Nusra menggelar aosialisasi Free Prior Informed Consent (FPIC) atau persetujuan atas dasar informasi di awal tanpa paksaan (PADIATAPA) perluasan PLTP Ulumbu unit 5-6 Poco Leok di wilayah kantong Desa Mocok, Kecamatan Satar Mese, Kabupaten Manggarai, Nusa Tenggara Timur (NTT), Sabtu, 18/11/2023.

Pada kegiatan ini Tim PLN membahas seperti apa manfaat yang dapat diharapkan masyarakat sebelum mengambil keputusan untuk mendukung atau menolak pembangunan tersebut tanpa paksaan atau intimidasi.

Dihadapan peserta yang hadir Tim PLN juga memaparkan terkait Geothermal atau panas bumi yang merupakan energi alternatif yang ramah lingkungan. Dan, faktanya aktivitas – aktivitas pembangunan geothermal hanya memberikan dampak kecil pada lingkungan (dibandingkan aktivitas-aktivitas pertambangan yang lain).

“Yang membedakan Aktivitas Geothermal dan Migas adalah kandungan yang diambil dari dalam bumi. Pada Migas, yang diambil adalah minyak dan gas. Sementara, pada Geothermal, yang di ambil hanyalah uap panas yang dihasilkan bumi. Kalaupun ada air, yang sangat dibutuhkan dalam geothermal tetap akan dikembalikan ke dalam perut bumi.” kata Sandro Ginting tim dari PLN itu.

Disisi lain, Tim FPIC juga menyentil terkait perubahan iklim yang selama ini di alami oleh manusia di seluruh dunia.

Dijelaskannya, jika sejak 30 tahun terkhir dunia telah di landai dengan perubahan iklim, merubah suhu atau udara sehingga membuat adanya perubahan musim.

Karena itu, Perubahan iklim itu tentunya mengakibatkan adanya, Angin Topan atau Badai, yang sudah terjadi di NT (Badai Seroja), terjadi kekeringan (seperti di Lombok Tengah), Hutan kebakaran, gagal panen, kemarau panjang hingga banjir,

Kendati demikian, Hingga saat ini pemerintah dari seluruh dunia atau PBB telah punya sikap untuk membahas guna melangkah dan menangani permasalahan tersebut.

Sementara itu warga, juga menyampaikan beberapa permintaan atau usulan untuk kebutuhan masyarakat yang harus dipenuhi kepada pihak PLN UIP Nusra yang kemudian dibuatkan berita acara agar menjadi perhatian khusus oleh PLN.

Diketehui kegiatan berlangsung di Desa Mocok, kampung Pongutung dan hampir seluruh warga menyetujui pembangunan Geotermal di Poco Leok.

Editor: Riky Huwa

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!