Masyarakat Desa Wewo Sepakati Terima CSR PLN dan Siap Dukung Pengembangan PLTP Ulumbu Unit 5-6 Poco Leok

Foto: Tim PADIATAPA dan tim PLN Saat Membahas Segala Kesepekatan yang dihadiri Sekcam Satar Mese di Aula Desa Wewo. (RH).

Ruteng, Pijarflores.com – Tim PADIATAPA dan tim PLN untuk melakukan kesepakatan dalam rangka menjemput program peningkatan ekonomi untuk warga terdampak PLTP Ulumbu Unit 5-6 Poco Leok di kantor desa Wewo, kecamatan Satar Mese, kabupaten Manggarai, NTT, Jumat (1/12/2023).

Mewakili tim PLN, I Putu Pratamayasa bersama rekannya mengatakan sebanyak 6 program yang ditawarkan untuk diintervensi 2024 hingga 2028 mendatang.

“Hari ini kita lakukan sosialisasi usulan program peningkatan ekonomi untuk warga masyarakat desa Wewo. Jadi untuk kegiatan fisik, seperti rehab rumah adat (Mbaru Gendang) di Wewo ini, nanti ada sesi tersendiri,” kata Senior Officer PLN, I Putu Pratamayasa, dalam kegiatan itu.

Dia menjelaskan, program peningkatan ekonomi itu rencananya akan dibiayai oleh PT PLN, melalui program tanggung jawab sosial atau Corporate Social Responsibility (CSR). Dimana Desa Wewo salah satu wilayah yang direncanakan untuk pengembangan Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Ulumbu berkapasitas 2×20 Megawatt (MW).

I Putu menyampaikan, program CSR PLN itu, terhadap 6 program peningkatan ekonomi masyarakat yang dibiayai CSR, yakni holtikultura, alat pertanian, pelatihan pariwisata, peternakan babi dan pengembangan, UMKM Koperasi, serta pendampingan masyarakat. Dalam sosialiasi ini, masyarakat sendiri yang mengusulkan mana saja yang diprioritaskan tahun 2024 hingga 2028.

“Hari ini seperti kegiatan musrenbang. Jadi nanti masyarakat buat usulan ke PLN, kira-kira dari 6 program yang ada, mana yang akan diprioritas tahun 2024 sesuai kebutuhan warga sendiri. Sebab CSR PLN itu sifatnya berkelanjutan. Tidak hanya 2024, tapi programnya sampai 2028. Sehingga manfaatnya benar-benar dirasakan oleh masyarakat,” bilang I Putu.

Dia menjelaskan, usulan yang terbilang masuk dalam tahap perencanaan, akan ditindaklanjuti. Kemudian yang pasti semua usulan itu akan disampaikan ke manajemen di pusat untuk bisa diperhatikan. Hasilnya nanti juga disampaikan ke masyarakat. Terkait besarnya anggaran, belum bisa disampaikan. Namun anggaran CSR, akan menyesuaikan kebutuhan di lapangan.

Sementara Kades Wewo, Lorens Langgut, yang ditemui media ini di sela-sela kegiatan sosialiasi mengatakan, masyarakat di desa itu mendukung program pemerintah melalui PLN untuk pengembang PLTP di wilayah desanya. Masyarakat juga sangat menyambut dengan antusias program pengembangan peningkatan ekonomi dari CSR PLN.

“Kami disini, tidak mempermasalahkan dengam proyek Geothermal. Masyarakat juga merasa senang dengan program CSR dari PLN, karena sangat bermanfaat bagi masyarakat disini. Kegiatan sosialisasi PLN dan warga disini, terhitung sudah 2 kali. Kedepan kami terus mendukung program PLN di desa Wewo,” katanya.

Editor: Tim PF

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!