Jelang Pemilu 2024, Bupati Hery Nabit Ingatkan ASN Lingkup Kabupaten Manggarai Agar Jaga Netralitas

Bupati Manggarai Hery Nabit. Foto: RH.

Ruteng, Pijarflores.com – Dalam penutupan masa sidang I (Satu) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) kabupaten Manggarai, tahun dinas 2023, Bupati Manggarai Herybertus G. L. Nabit, SE, MA, menyinggung terkait netralitas ASN di kabupaten Manggarai, Jumat (29/12/2023).

Bupati Hery mengatakan bahwa di kabupaten Manggarai, akan diselenggarakan pemilu tahun 2024.

“Sidang paripurna dewan yang saya hormati, pada saat ini, kita juga sedang berada dalam situasi menghadapi Pemilihan Legislatif dan Pemilihan Presiden/Wakil Presiden, pada 14 Pebruari 2024, serta Pemilihan Kepala Daerah pada bulan November 2024,” ungkap bupati Hery.

Bupati Hery mengajak semua ASN di lingkup pemerintah kabupaten Manggarai membantu untuk menyukseskan pemilu serentak tersebut.

“Dalam kesempatan yang baik ini, saya mengajak kita semua untuk menyukseskan kedua momentum demokrasi tersebut sebagai wadah yang mampu membawa perubahan bagi kesejahteraan seluruh masarakat Manggarai,” lanjut kader PDIP tersebut.

Menurut bupati Hery, ada 2 (Dua) hal yang wajib diperhatikan oleh para ASN.

“Pertama, para ASN diminta untuk memotivasi masyarakat dan para kandidat untuk secara bersama menjaga keamanan, meningkatkan sekaligus kedamaian ketertiban dan untuk memilih. Marilah kita partisipasi masyarakat menciptakan peradaban politik yang tinggi di Bumi Nuca Lale tercinta ini. Kita juga tentunya tidak menginginkan kekacauan dan pertikaian. Oleh karena itu, mari bersama-sama dengan tegas kita menolak para pihak/oknum yang suka menyebarkan berita bohong (hoax), ujaran kebencian (hate-speech) dan penggunaan kekerasan,” jelas bupati Hery.

“Kedua, saya juga ingin menegaskan bahwa posisi ASN sebagai pihak yang harus netral dalam hajatan politik dimaksud. Jauhkan diri kita dari tindakan yang memihak, mengarahkan dukungan maupun terlibat langsung dalam politik praktis dengan ikut aktif dalam kampanye politik. Jika kita mampu menjaga sikap netralitas, niscaya kita sedang mengedukasi masyarakat untuk berpolitik secara santun dan damai. Sedangkan bagi ASN yang terlibat dalam politik praktis saya akan mengambil tindakan tegas sesuai peraturan perundang-undangan yang berlaku,” tutup bupati Hery.

Penutupan sidang I DPRD kabupaten Manggarai tahun dinas 2023, dilaksanakan di aula paripurna DPRD kabupaten Manggarai, dan diikuti oleh forum kordinasi pimpinan daerah, serta seluruh organisasi perangkat daerah kabupaten Manggarai.

Penulis: Riky H.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!