Gerak Cepat, Bupati Manggarai Hery Nabit Kunjungi Korban Bencana Angin Puting Beliung di Kelurahan Bangka Leda

Bupati Hery Nabit Berikan Bantuan Beras ke Warga yang Terdampak Angin Puting Beliung (9/1). Foto: Ist

Ruteng, Pijarflores.com – Bupati Manggarai Herybertus G. L. Nabit, langsung kunjungi korban bencana Angin Puting Beliung di kelurahan Bangka Leda, kecamatan Langke Rembong, kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Selasa (9/1/2024).

Bupati Hery Nabit gerak cepat menemui warga di kelurahan Bangka Leda, yang rumahnya terdampak langsung oleh angin Puting Beliung.

Saat berada bersama warga kelurahan Bangka Leda, kader partai PDIP kabupaten Manggarai mengatakan agar tetap waspada.

“Saya meminta masyarakat untuk tetap waspada. Menyangkut status akan dikoorinasikan terlebih dahulu dengan BMKG Frans Sales Lega Manggarai,” ungkap bupati Hery.

Bupati Hery dalam kunjungannya memberikan bantuan darurat kepada masyarakat Leda yang terdampak Angin Puting Beliung. Bantuan tanggap darurat tersebut berupa beras dan terpal dari BPBD, untuk 1 (Satu) kepala keluarga yang rumahnya rusak berat.

Rumah salah satu warga Kelurahan Bangka Leda mengalami kerusakan serius kerena angin Puting Beliung kemarin (8/1).

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah kabupaten Manggarai Stefanus Tawar mengatakan, pihaknya akan mendata terlebih dahulu di 3 kelurahan yang terdampak angin Puting Beliung pada Selasa (9/1).

“Kami akan turunkan tim teknis ke lapangan, untuk berikan bantuan darurat ke masyarakat,” ujar Stef.

Menurutnya tim teknis akan mendata semua kerusakan rumah warga di kelurahan Pau, Golo Dukal, dan Bangka Leda.

“Kami menangani yang darurat saja, sedangkan yang parah akan di dorong ke dinas Perumahan Rakyat kabupaten Manggarai,” tegas Stef.

Untuk sementara kerusakan akibat angin Puting Beliung di kelurahan Pau sebanyak 12 rumah, kelurahan Golo Dukal 32 rumah, dan kelurahan Bangka Leda 13 rumah.

Berita Sebelumnya

Kejadiaan tersebut terjadi pada pukul 12.20 waktu Indonesia tengah di 3 (Tiga) kelurahan, yaitu kelurahan Bangka Leda, kelurahan Golo Dukal, dan sebagian di kelurahan Pau, Selasa (9/1/2024).

Menurut camat Langke Rembong Emil Ndahur, pihaknya sedang mendata berapa banyak rumah yang rusak, akibat angin Puting Beliung.

“Sementara kami sedang mendata. Kami di lokasi kelurahan Bangka leda. Dampak puting beliung kelurahan Pau, kelurahan Golo Dukal, dan kelurahan Bangka Leda,” jawab camat Emil melalui gawainya.

Banyak video yang beredar dari warga kelurahan Bangka Leda, kejadian itu terjadi hanya sekejap saja.

“Angin puting Beliung di kelurahan Bangka Leda hanya sekejap, banyak rumah warga rusak,” ucapnya ke media ini.

Menurut lurah Bangka Leda Ishak Genggor, angin Puting Beliung terjadi di kelurahannya terjadi selama kurang lebih 5 menit. Untuk sementara kerugian materi belum bisa diketahui karena sedang dalam pendataan oleh pemerintah setempat.

“Kejadiannya tadi hanya 5 (Lima) menit pak, kami sedang data semua kerusakan materi akibat angin tadi,” ungkap lurah Ishak.

Penulis: Riky Huwa

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!