Bupati Manggarai Pantau Langsung Ketersediaan Air di Kecamatan Langke Rembong

Bupati Hery Nabit saat Berada di Sumber Air Wae Decer di Kelurahan Carep. Foto: RH

Ruteng, Pijarflores.com – Bupati Manggarai Herybertus G. L. Nabit memantau langsung keadaan sumber air minum bersih di lokasi mata air yang berada di kelurahan Waso, kelurahan Rowang, dan kelurahan Carep, yang menjadi sumber pemanfaatan air Perumda Air Minum Tirta Komodo, Ruteng, pada Kamis (11/1/2024).

Menurut bupati Hery, kegiatan tersebut bertujuan untuk menangani dan merespon keluhan masyarakat, berkaitan dengan suplai air minum bersih dari Perumda Air Minum Tirta Komodo.

“Langkah yang harus dibuat adalah riview ulang jaringan air di dalam kota Ruteng, dengan memasukan unsur kebutuhan air minum bersih untuk 10-15 tahun ke depan. Sehingga pada hari ini kami bersama teknisi datang melihat langsung keadaan di sumber mata air agar penanganannya tidak sepotong-sepotong. Jadi yang mau ditangani bukan hanya hari ini saja,” jelas bupati Hery.

Kader partai demokrasi Indonesia perjuangan (PDIP) itu mengatakan Perumda Tirta Komodo harus mampu membuat jadwal yang pasti agar masyarakat tidak bertanya terus menerus soal ketersediaan air bersih.

“Bahwa kita tahu sendiri ketersediaan air minum bersih masih terbatas dalam 1 tahun ke depan, tetapi yang paling pentingĀ  dari kami, pelayanan PDAM ke masyarakat agar dibuatkan jadwal yang pasti,” imbuhnya.

Bupati Hery telah menyiapkan tim khusus untuk penanganan kebutuhan air bersih di kabupaten Manggarai.

“Kita juga akan masukan variabel pertumbuhan penduduk, dan menghitungnya dengan sumber air yang ada. Kami bersama konsultan akan masukan ke dalam proposal, untuk sumber-sumber mata air cadangan yang lainnya,” lanjutnya.

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!