Leo Jafar Terpilih Sebagai Ketua APSI Manggarai Timur

Leo Jafar Ketua APSI Kabupaten Manggarai Timur. Foto: Ist.

Borong, Pijarflores.com – Leonardus Jafar, S.Pd, salah seorang Pengawas SMA/SMK di Manggarai Timur pimpin Asosiasi Pengawas Sekolah Indonesia (APSI) Cabang Manggarai Timur.

Jafar diberi mandat untuk memimpin organisasi profesi tersebut setelah kandidat lain secara aklamasi menunjuk sosok putera Elar dalam pemilihan yang berlangsung di Borong, Manggarai Timur, Kamis (18/1/2024).

Untuk diketahui, proses pemilihan berawal dengan pembentukkan tim formatur. Tim formatur berembuk menentukan nama calon. Selanjutnya calon menyampaikan profil masing-masing.

Namun proses ke tahap selanjutnya tidak berlangsung lagi karena dua orang kandidat langsung mempercayakan Leonardus Jafar sebagai ketua.

Kepada media ini, Jafar, menjelaskan APSI merupakan organisasi profesi bagi pengawas sekolah. Peran baru pengawas sekolah sesuai Perdirjen GTK 4831 Tahun 2023, tentang peran pengawas sekolah dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar pada Satuan Pendidikan, Dikatakan, peran pengawas sekolah adalah pendamping kepala satuan pendidikan.

Pendamping kegiatan pengawas sekolah, terangnya, berlangsung bersama kepala sekolah dengan tujuan meningkatkan kapasitas dan mutu pelayanan satuan pendidikan dalam menyelenggarakan pembelajaran yang berpusat pada peserta didik dengan pendekatan strategi yang relevan.

“Selaku Ketua APSI Kabupaten Manggarai Timur, saya berharap organisasi ini menjadi garda terdepan dalam menjamin dan peningkatan mutu pendidikan daerah ini. Mari berkolaborasi bersama pemerintah daerah membangun dan terus memperbaiki kualitas pendidikan daerah kita,” pintanya.

Pada bagian lain, Jafar menyebutkan visi APSI adalah mewujudkan organisasi pengawas profesional, bermartabat dan
sejahtera. Visi tersebut dierucutkan dalam misi, yaitu pertama meningkatkan kompetensi pengawas sekolah. Kedua, memfasilitasi profesi pengawas sekolah yang sejahtera. Ketiga, membangun jati diri pengawas sekolah yang bermartabat. Keempat menjadi garda terdepan dalam penjaminan dan peningkatan mutu pendidikan Matim.

Adapun prograam kerja, lanjutnya, dikonkretkan melalui bidang tugas dan satuan kegiatannya. Seperti bidang organisasi dan kesekretariatan dengan tugas pokoknya, yaitu mendata pengawas sekolah dan pemetaan kompetensi untuk kepentingan pendidikan dan pelatihan. Mensosialisasikan program-program APSI. Menerbitkan kartu anggota APSI dan melakukan penelitian dan pengembangan untuk kemajuan Organisasi.

Bidang pemberdayaan dan peningkatan profesionalisme pengawas sekolah, lanjut mantan Kepsek SMAN Elar ini, bertugas melaksanakan bimbingan dan pelatihan PTK. Melaksanakan bimbingan dan pelatihan PTS dan mengikuti Webinar bersama APSI pusat maupun webinar tinggkat APSI Matim.

Sedangkan bidang kesejahteraan pengawas sekolah lebih fokus membantu anggota dalam mengembangkan karir dan kenaikan pangkat serta pengadaan pakaian APSI sesuai peruntukkannya.

Terakhir, terang penulis beberapa buku ini, adalah bidang HUMAS dengan sasaran tugas adalah menerbikan media cetak atau jurnal pendidikan dan atau media elektronik yang berbentuk website APSI sebagai jembatan penyebaran informasi APSI Matim ke seluruh wilayah Indonesia. selain itu menggalang dana APSI dengan cara independen untuk pelatihan peningkatan kompetensi APSI.

Struktur APSI Managgarai Timur Ketua: Leonardus Jafar, S.Pd,Wakil Ketua: Adrianus Panu, S.Pd, Sekertaris: Fransiskus Mungga, S.Pd, Sekertaris Dua: Daniel Ando,S.Pd, Bendahara: Maria Filomena Yulita, S.Pd, Wakil Bendahara Dua, Yovan Patu, S.Pd.M.Pd, Sedangkan Penasihat: 1.Lukas Sumba, S.Fil (Korwas Dikmen) dan Dominikus Dom, S.Pd (Korwas Dikdas).

Penulis: Kanisius

Editor: Tim PF

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!