Tercatat Dalam Sejarah, Ganjar Pranowo Capres Pertama yang Hadir Berkampanye di Kabupaten Manggarai

Uskup Ruteng Mgr. Siprianus Hormat saat Mendapingi Capres Ganjar Pranowo di Rumah Keuskupan Ruteng. Foto: Riky Huwa.

Ruteng, Pijarflores.com – Calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo, bertemu petinggi agama Katolik Mgr. Siprianus Hormat di kediamannya, di Istana Keuskupan Ruteng, kabupaten Manggarai, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Jumat (26/1/2024).

Ganjar Pranowo tiba di Keuskupan Ruteng pada Pukul 13.20 waktu Indonesia tengah dan sambut dengan upacara adat Manggarai dengan tarian Tiba Meka (Terima tamu) dan disambut oleh Romo Max Regus.

Setibanya di istana Keuskupan, Ganjar Pranowo langsung bersilahturahmi dengan tokoh-tokoh agama Katolik di kabupaten Manggarai.

Uskup Ruteng, Mgr. Siprianus Hormat mengatakan bahwa Ganjar lah Capres pertama yang hadir ke Kabupaten Manggarai.

“Kita dapat bersyukur, Calon Presiden pertama kalinya datang ke Kabupaten Manggarai. Tentu, akan terukir indah dalam sejarah Kabupaten Manggarai, Manggarai Barat dan Manggarai Timur,” kata Mgr Siprianus saat bertemu Ganjar, Jumat (26/1/2024).

Menurutnya Ganjar akan menjadi pilar kuat untuk mencapai Indonesia Emas 2045. Dengan begitu, Indonesia Emas bisa terwujud tidak sekedar harapan saja.

“Visi Bapak Ganjar menjadi pilar kuat mencapai Indonesia emas 2045. Indonesia emas bukan hanya sebuah harapan, tapi sebuah komitmen negara yang maju, beradab dan sejahtera,” ungkap Mgr Siprianus.

Mgr. Siprianus berharap, agar Ganjar saat menjadi pemimpin Indonesia nantinya bisa memperhatikan sektor pertanian, pariwisata, dan lapangan pekerjaan.

“Kami berharap pemimpin bangsa ini bisa memperhatikan khusus pada sektor pertanian berkelanjutan tidak hanya meningkatkan kesejahteraan tapi juga mendukung ketahanan pangan nasional,” tutur Mgr. Siprianus .

“Sementara pariwisata yang dikembangkan bijak juga menjadi sebuah sumber kehidupan baru bagi masyarakat. Penting juga menciptakan peluang generasi muda kami. Terutama kami lulusan SMK, penyerapan tenaga kerja lulusan SMK untuk atasi penangguran menciptakan ekonomi dan generasi yang siap bersaing di pasar global,” lanjutnya.

Sebagai pimpinan rohani Mgr. Siprianus menekankan pentingnya etika dalam kepemimpinan politik. Sebab, pemimpinan yang bermoral dan beretika akan menjadi landasan kokoh dalam pembangunan berkelanjutan.

Mgr. Siprianus melihat sosok Ganjar mempunyai landasan moral dan etika untuk memimpin Indonesia. Dengan begitu, bisa membangun bangsa Indonesia dalam menuju Indonesia Emas 2045.

“Saya pimpinan rohani saya juga ingin menekankan pentingnya etika dalam kepemimpinan politik. Kepemimpinan yang bermoral, dan beretika akan menjadi landasan kokoh, bagi pembangunan berkelanjutan.  Semoga harapan kami semua Bapak Ganjar bisa menjadi teladan dalam mengutamakan keadilan, kebenaran, dan kasih,” tuturnya.

Sementara, Ganjar menyatakan dirinya sangat menyimak dengan seksama atas pesan yang diberikan oleh Mgr. Siprianus. Bahkan, dia merasakan betul getaran yang disampaikan agar bisa diterapkan nantinya.

Capres Nomor Urut 3 Ganjar Pranowo saat Bersilaturahmi Bersama Para Rohaniwan dan Rohaniwati di Istana Keuskupan Ruteng. Foto: Riky Huwa.

“Saya mendengarkan dengan seksama tadi Uskup Mgr. Siprianus sampaikan, mencoba untuk merenungkan kata-perkata, kalimat perkalimat. Rasanya menjadi kontekstual dalam kondisi hari ini dan pesan tadi menusuk ke jantung saya,” ucap Ganjar.

Lebih jauh, Ganjar mengucapkan terima kasih kepada Mgr. Siprianus yang telah menerimanya secara terbuka. Bahkan, banyak pesan yang diberikan kepada dirinya terutama mengenai bangsa dan negara.

“Mengingatkan kepada kita bawa di atas politik ada moral ada etika, dan politik tidak bermoral menjadi tidak bermanfaat. Ini saya terima kasih Mgr Siprianus menerima saya,” tutup Ganjar.

Editor: Tim PF

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!