Ada Aturan Mengikat, ASN di Kabupaten Manggarai Tetap Nekat Ikut Kampanye Capres

Foto: Kerawanan Pemilu 2024.

Ruteng, Pijarflores.com – Kampanye calon presiden nomor urut 3 Ganjar Pranowo di Stadion Golo Dukal, kabupaten Manggarai, NTT, telah dihadiri oleh beberapa oknum ASN aktif di salah satu sekolah.

Kehadiran oknum ASN itu pun mendatangkan berbagai respon dari beberapa kader politik di kabupaten Manggarai.

Ketua DPD II Partai Golkar Manggarai Yoakim Jehati menyayangkan kehadiran oknum ASN tersebut.

Padahal sudah aturan yang mengikat, tetapi oknum ASN-ASN tersebut tetap nekat hadir di lokasi kampanye dengan dalil mau mendengar orasi politik.

“Sangat disayangkan kalau masih ada para ASN yang masih berani menabrak aturan, dan tidak mampu menjaga netralitasnya dalam pemilu 2024,” kata Yoakim kepada wartawan, Jumat (26/01/2024) malam.

Ia kembali mengingatkan bahwa, sebagai pelayan publik, para ASN diharapkan mampu menahan diri dan tidak perlu terlibat dalam politik praktis.

“Sesuai yang diamanatkan dalam UU No. 20 tahun 2023 tentang ASN beserta aturan turunannya. Kalau mau terlibat penuh dalam politik praktis, maka harus berani mengundurkan diri dari ASN,” tegasnya.

Yoakim meminta kepada Bawaslu Manggarai untuk benar-benar bekerja dan merespons setiap temuan lapangan, apabila ada para ASN yang terlibat dalam kampanye Pemilu 2024.

“Saya percaya teman-teman Bawaslu Kabupaten Manggarai, memiliki sumber daya yang cukup dalam melakukan pemantauan lapangan dan menindak tegas para ASN yang terlibat,” tandasnya

Ia menambahkan, kalau kasus ini dibiarkan, maka akan menjadi preseden buruk dalam penerapan aturan dan Bawaslu gagal dalam menjalankan fungsinya.

Editor: Tim PF

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!