Coblos Tidak Sesuai Alamat KTP, KPPS Desa Welu Tetap Akomodir, Masyarakat Tuntut PSU

Saksi dari Partai Hanura dan Beberapa Masyarakat Kecamatan Cibal yang Hadir di Kantor Camat Cibal. Foto: Ist.

Ruteng, Pijarflores.com – Terjadi kejanggalan di TPS 01 Welu, desa Welu Kecamatan Cibal, Kabupaten Manggarai, dimana KPPS mengakomodir pemilih khusus dari kecamatan lain, Kamis (22/2/2024).

Mengetahui kejanggalan itu saksi partai Hanura untuk rekapitulasi tingkat kecamatan Cibal mendatangi kantor Camat Cibal, dengan tujuan ingin menyampaikan kejanggalan yang telah terjadi di desa Welu tersebut.

Salah satu masyarakat yang bersama saksi partai Agustinus Sewang  mendatangi kantor PPK Kecamatan Cibal untuk menyampaikan kejanggalan di TPS 01 Welu, desa Welu saat hari coblos (14/2).

Menurut Agustinus, ada laporan dari masyarakat berkaitan dengan situasi di TPS 01 Welu saat hari coblos (14/2). Menurutnya saksi telah menyampaikan keberatan secara lisan kepada PPK Kecamtan Cibal kemarin (21/2).

“Kami selama beberapa hari ini kumpulkan data terkait laporan masyarakat desa Welu tersebut, dan kami sudah kumpulkan semua datanya. KTP pemilih khusus itu juga kami sudah dapat,” jelasnya kepada media ini, Kamis (22/2).

Menurut Agustinus KPPS 01 Welu melakukan kerja kotor untuk kepentingan tertentu pula.

“Saya menduga KPPS 01 Welu melakukan konspirasi untuk kepentingan tertentu, padahal mereka sudah dapat bimbingan teknis dan saya yakin aturan untuk pemilih khusus yang memakai KTP untuk hak pilihnya mereka sangat tau,” ungkap Agustinus kesal.

Pemilih khusus tersebut berasal dari desa Salama, Kecamatan Reo, Kabupaten Manggarai.

Tadeus Javan saksi partai Hanura untuk rekapitulasi tingkat Kecamatan Ci al menyatakan, kejanggalan tersebut harus segera ditindaklanjuti oleh KPU kabupaten Manggarai.

Tedi menagatakan agar di TPS 01 Welu, agar direkomendasikan untuk dilakukan pemungutan suara ulang (PSU).

“Saya berharap agar KPU Manggarai segera merekomendasikan PSU di TPS 01 Welu, karena pemilih khusus yang gunakan KTP harus coblos di TPS sesuai dengan alamat KTP,” tegas Tedi.

Tedi juga menjelaskan, bahwa dirinya sudah menyampaikan kepada PPK Kecamatan Cibal. Tetapi sampai saat ini belum ada jawaban dari PPK Cibal.

Sampai dengan berita ini diturunkan, pihak Bawaslu belum merespon, sedangkan komisioner KPU Manggarai Heri Harun menjawab via WhatsApp akan ditanya ke PPK Kecamatan Cibal.

“Saya tanya ke PPK dulu, kami belum dapat info,” jawab Heri singkat lewat gawainya (22/2).

Penulis: Riky Huwa

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!