Hasil Pemilu 2024 Akan Jadi Acuan Pengusungan Calon Kepala Daerah

Ruteng, Pijarflores.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Manggarai menggelar media gathering tahapan pemilu 2024 dan tahapan pilkada serentak 2024 bersama insan media, Kamis (21/3/2024).

Kegiatan dibuka oleh ketua KPU Manggarai Rikar Pentor didampingi para komisioner KPU lainnya.

Rikar Pentor dalam sambutannya menyampaikan berkaitan dengan status tahapan yang sudah berjalan sampai dengan saat sekarang.

“Tahapan saat ini sudah masuk yang ke-10. Ada beberapa hal juga yang sedang berjalan setelah penetapan resmi hasil pleno KPU pusat tadi malam. Dalam hal tersebut kami dari KPU Manggarai juga sedang menunggu rekomendasi dari Mahkamah Konstitusi, berkaitan dengan gugatan hasil pemilu yang berjalan 3×24 jam,” terang Rikar.

Rikar juga menyampaikan beberapa hari ke depan diselenggarakan penetapan perolehan kursi calon terpilih DPRD Kabupaten Manggarai tahun 2024.

“Dalam waktu dekat KPU Manggarai akan melakukan penetapan perolehan kursi calon terpilih DPRD Kabupaten Manggarai,” ungkap Rikar.

Lebih lanjut Rikar Pentor menyampaikan untuk acuan pilkada tahun 2024 adalah hasil pemilu 2024.

“Hasil pemilihan umum (pemilu) 2024 akan menjadi acuan bagi partai politik untuk bisa mengusung calon pada pemilihan kepala daerah serentak 2024,” jelas Rikar.

Akhirnya Rikar menjelaskan terkait tahapan Pilkada tahun 2024.

“Sementara untuk pengusungan 1 pasangan calon harus memenuhi 20% dari jumlah 35 kursi, yaitu minimal 7 kursi untuk 1 pasangan calon bupati di Kabupaten Manggarai. Pilkada serentak akan dilaksanakan pada 27 November 2024 ini,” lanjut Rikar.

KPU Manggarai akan mengakomodir surat keputusan partai untuk mengusung 1 calon bupati yang memiliki legalitas yang jelas dari Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia.

Ada pun komisioner KPU Manggarai yang hadir yaitu Hery Harun, Marsi Edon, dan Rian Kondo. Kegiatan diselenggarakan di DJ Resto yang beralamat di Jalan Bandara, Kelurahan Satar Tacik.

Penulis: Riky Huwa

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!