PLN Terus Dorong Petani Poco Leok Kembangkan Lahan Pertanian yang Menganggur

Petani di Poco Leok yang terus manfaatkan program pengembangan Hortikultura PLN (Ist).

Ruteng, Pijarflores.com – PT. PLN (Persero) melalui PLN UIP Nusra terus melakukan terobosan untuk mengubah wajah pertanian di wilayah Poco Leok desa Lungar, kecamatan Satar Mese, kabupaten Manggarai, NTT, yang semula lahannya menganggur kini telah diberdayakan dengan budidaya Hortikultura dengan beraneka ragam sayuran dan bernilai tinggi.

Venansius Joman, salah satu pemuda Poco Leok desa Lungar mengaku, kehadiran PT. PLN nyata membantu ratusan para petani di wilayahnya melalui budidaya Hortikultura program Desa Berdaya.

Menurut dia, saat ini banyak perubahan yang terlihat secara langsung ditengah kehidupan masyarakat Poco Leok melalui budidaya Hortikultura yang digagas PLN UIP Nusra.

Disebutkan Venansius, sebagian besar warga di Poco Leok berprofesi sebagai petani dan langkah PLN membudidayakan sayur-sayuran ini merupakan kebangkitan baru untuk para petani di wilayah itu.

“Program budidaya sayur-sayuran dari PT. PLN ini sangat membantu masyarakat Poco Leok khususnya saat ini yang sudah tergabung dalam kelompok tani binaan PLN. Ini namanya kebangkitan baru wajah pertanian di Poco Leok,” ungkap Venansius kepada media ini.

Apalagi budidaya Hortikultura ini kata dia, PLN telah membiayai secara penuh kepada petani mulai pembukaan lahan, jaringan air, benih, pupuk serta pendamping pertanian yang dibiayai juga oleh PLN.

“Saya sebagai anak Poco Leok, harus berterimakasih kepada PLN. Karena tanpa PLN belum tentu lahan tidur ini bisa diolah seperti ini wujudnya,” ucap Venansius.

Niat baik PLN lanjutnya, nyata hadir ditengah masyarakat Poco Leok “saya mau katakan, ini sudah sungguh luar biasa bantu kami di Poco Leok, tanpa kehadiran PLN belum tentu para petani bisa menikmati seperti sekarang melalui program hortikultura karena ini cara baru bagi kami budidaya sayur-sayuran”.

Masih kata Venansius, hingga saat ini masih banyak lahan tidur milik warga Poco Leok yang belum pernah digarap oleh pemiliknya. Mudah-mudahan kedepannya PLN masih punya perhatian untuk terus membantu para petani di Poco Leok melalui budidaya Hortikultura.

“Sebagai anak muda Poco Leok berharap kedepannya PLN tetap terus mendukung para petani Poco Leok melalui budidaya sayur-sayuran karena tidak membutuhkan proses Panjang untuk mendapatkan hasilnya,” tuturnya.

Editor: Tim PF

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!