Bupati Hery Nabit Disambut Meriah Masyarakat Kampung Lamba-Satar Mese Barat

Bupati Hery Nabit bersama masyarakat Kampung Lamba, Desa Satar Ruwuk, Kec. Satar Mese Barat (Diskominfo Kab. Manggarai).

Ruteng, Pijarflores.com – Masyarakat di Kampung/Dusun Lamba, Desa Satar Ruwuk Kecamatan Satar Mese Barat, sangat antusias menyambut kehadiran Bupati Manggarai, Herybertus Geradus Laju Nabit. Antusias masyarakat ini dipicu lantaran baru pertama kalinya pejabat apalagi sekelas Bupati berkunjung ke kampung Lamba.

“Ini baru pertama kali, kampung Lamba Desa Satar Ruwuk, dikunjungi seorang Bupati. Bupati-bupati sebelumnya belum pernah ke sini (Lamba), karena itu atas nama seluruh warga Satar Ruwuk khususnya Dusun Lamba, saya menyampaikan terima kasih yang setinggi-tingginya,” kata Tu’a Gendang Lamba Yosef Langgut saat Acara Adak Curu (jemput) Bupati Manggarai dan rombongan, di Pa’ang (pintu masuk) kampung Lamba, Selasa lalu (21/05/2024).

Terlebih lagi kehadiran Bupati Manggarai Manggarai, bersamaan dengan selesainya pembangunan Mbaru Adak/Gendang (Rumah Adat) Lamba.

Dimana pembangunan rumah adat Lamba, mendapat bantuan dari Pemerintah Daerah Kabupaten Manggarai, melalui Bidang Sejarah, Cagar Budaya, dan Permuseuman, Dinas Pariwisata dan Kebudayaan.

Kampung Lamba sendiri, hampir dikatakan sebagai salah satu kampung tersembunyi di Kabupaten Manggarai. Jauh dari hiruk pikuk dunia luar.

Kampung Lamba berada di ketinggian. Tidak ada Listrik PLN juga sinyal HP untuk dinikmati oleh masyarakat. Untuk penerangan di malam hari masyarakat setempat menggunakan solar cell (sel Surya).

“Bapa Bupati, di kampung Lamba ini, jaringan PLN belum masuk begitu juga HP. Kami kesulitan untuk penerangan pada malam hari. Karena itu, kami berharap agar Bapa Bupati berkenan membantu kami, untuk sampaikan ke pihak PLN terkait kesulitan kami ini. Atau jika memungkinkan kami mohon untuk pengadaan pembangkit diesel atau gengset,” demikian Tu’a Gendang Lamba dan Kades Benekdiktus.

Menjawab keluhan dan permintaan yang disampaikan Tu’a Gendang Lamba, Bupati Hery Nabit berjanji untuk segera ditangani terutama yang bisa ditangani melalui APBD Kabupaten Manggarai. Sedangankan terhadap keluhan dan permintaan yang menjadi kewenangan intansi lain, seperti jaringan Listrik PLN Bupati Hery berjanji untuk menyampaikan ke pihak PLN.

“Tentu terhadap keluhan dan permintaan yang bisa kita (Pemkab Manggarai) tangani melalui APBD, akan segera ditangani. Tetapi yang tidak bisa Pemkab tangani terpaksa saya pikul (eko’s laku) untuk diteruskan ke pihak PLN. Dan agar proses penyampaiannya mudah, Pak Kades buatkan dalam bentuk Proposal,” pinta Bupati Hery Nabit.

Turut mendampingi Bupati Manggarai, Kepala Dinas Pemberdayaan dan Masyarakat Desa, Yosef Jehalut, Camat Satar Mese Barat, Anselmus Janggur, Plt. Kasatpol PP, Alexius Harimin, Kepala Bagian Protokol dan Komunikasi Pimpinan, Hipolitis Kori, Sekretaris Dinas Komunikasi dan Informatika, Paulus Jeramun dan Kepala Bidang Bidang Sejarah, Cagar Budaya, dan Permuseuman, Antonius Padua Ande Bersama bebrapa staf Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Manggarai.

Sumber: Diskominfo Kab. Manggarai

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!