Berbagi Kasih di Paroki St. Wihelmus Ngkor, Pinca Romi: Bank NTT Selalu Siap Bangun Ekonomi Masyarakat

Pinca Bank NTT Romi Radja Langu bersama staf, saat menyerahkan bantuan ke Pastor Paroki St. Wihelmus Ngkor (RH).

Ruteng, Pijarflores.com – Bank NTT Cabang Ruteng kembali berbagi kasih guna mendukung kemajuan ekonomi masyarakat, di Paroki St. Wihelmus Ngkor, Desa Bangka La’o, Kecamatan Ruteng, Selasa (28/5/2024).

Pimpinan Cabang Bank NTT Ruteng Romi Radjalangu mengatakan, kegiatan hari ini merupakan rangkaian berbagi kasih yang masih berkaitan dengan hari raya Paskah dan Pentekosten.

“Kita berbagi kasih di beberapa Paroki di tahun 2024, dan di Paroki Ngkor baru yang pertama kali Bank NTT Cabang Ruteng memberikan bentuk kasih walaupun nilainya tidak seberapa, tetapi ini merupakan kepedulian awal kami untuk ekonomi umat di Paroki St. Wihelmus Ngkor,” ungkap Pinca Romi.

Bank NTT kata Romi, terus mendukung ekonomi rakyat yang ramah lingkungan sesuai dengan tema Keuskupan tahun 2024 ini.

“Serta tidak terlepas membangun ekonomi masyarakyat yang sehat dengan artian tidak merusak lingkungan dan singkron dengan tema Keuskupan yaitu Ekonomi Integral,” kata Pinca Romi.

Menurut Romi, di Paroki Ngkor umatnya sangat banyak kegiatan ekonomi. Mulai dari petani sampai ke pengusaha berskala kecil.

“Tadi kami berbincang dengan Romo, dan di sini ada peluang untuk Hortikultura. Sehingga kami berharap bantuan ini merupakan pengenalan awal, sehingga Umat bisa membangun ekonominya secara mandiri bersama Bank NTT,” terang Pinca Romi.

Dirinya menyampaikan bahwa bantuan yang mereka berikan disesuaikan dengan kebutuhan dari masing-masing Paroki.

“Kami memberikan bantuan sesuai dengan kebutuhan Paroki, contohnya di Paroki Ngkor bantuan kursi, peti kolekte, hand tracktor, alat semprot, penampung air (Tandon). Ada joga Hosti dan Anggur untuk beberapa Paroki,” lanjut Pinca Romi.

Lebih lanjut Romi mengatakan, bahwa sudah saatnya masyarakat membiasakan untuk menabung.

“Bank NTT mengajak seluruh masyarakat Manggarai khususnya di Paroki Ngkor agar mulai menabung dan kami Bank NTT siap menerima dengan beberapa jenis tabungan yang ada di Bank NTT, sehingga di masa depan kita bisa memanfaatkan tabungan itu untuk berbagai keperluan yang ada,” ujar Pinca Romi.

“Bank NTT mendatangi tiap Paroki untuk menyediakan alternatif sebagai bank daerah untuk menggerakan perekonomian daerah, makanya kami mengajak masyarakat mulai mengenal Perbankan walaupun sedikit demi sedikit. Artinya dengan bergabung di Perbankan bisa merencanakan usaha yang bisa mendapatkan keuntungan yang wajar karena misi kami adalah menggerakan ekonomi daerah,” tutup Pinca Romi.

Pastor Paroki St. Wihelmus Ngkor, Romo Benediktus G. Bomenarjo menyampaikan terimakasih kepada Bank NTT, karena sudah mengujingi Parokinya.

“Saya berterimakasih atas perhatian dari Bank NTT, kebetulan kami di Paroki Ngkor pada tahun 2024 sedang melakukan pengadaan bangku. Bisa di lihat bahwa di dalam Gereja hanya ada bangku standar. Kami berencana mengadakan bangku di Gereja yang lebih layak sebanyak 50 unit di tahun 2024 ini,” ungkap Romo Bene.

Romo Bene berharap agar kedatangan pihak Bank NTT ke Paroki Ngkor bisa mendapat perhatian dari umatnya, untuk bergabung dengan menabung di Bank NTT.

“Tantangannya saat ini yaitu banyak sekali Koperasi Harian yang datang ke masyarakat. Oleh karena itu kita berusaha agar mengurangi itu. Kebetulan beberapa masyarakat di sini penghasilannya cukup bagus, sehingga bagaimana caranya agar umat di sini bisa jadikan Bank NTT sebagai tempat untuk menabung demi masa depan mereka sendiri,” kata Romo Bene.

Untuk diketahui Bank NTT cabang Ruteng di tahun 2024 ini, sudah mengunjungi 6 Paroki di Kabupaten Manggarai.

Penulis: Riky Huwa

Tinggalkan Balasan

error: Content is protected !!